Minggu, 17 Juni 2012

A New Friend From Ukraine (Part 1)


Aku punya temen baru dari Ukraina. Namanya Yana Ropaeva. Sebenernya dia itu kenalannya Teh Lina, teteh sekosan Iwa yang kemaren baru pulang dari NTT dan ketemu Yana di bandara yang sendiarian dan bingung gimana caranya ke Bandung. Jadi kemaren hari sabtu (16/6) Yana nginep di kosannya Teh Lina yang tak lain dan tak bukan kosannya Iwa juga. Trus Iwa ngajakin aku ikutan bareng kenalan sama Yana. Dan kemaren jam 7 malem aku malem mingguan di kosannya Iwa dan dengerin presentasi Yana tentang negaranya yang sama sekali aku nggak tau. Aku cuma tau Ukraina itu tuan rumah EURO 2012 ini. Cetek ya pengetahuan umumku. Haha Terus aku ajak dia jalan-jalan keliling Bandung sedikit, lewat Dago, Merdeka, Bank Indonesia, Asia Afrika, Asatana Anyar, trus beli susu jahe, sama ketan bakar. Dia seneng banget naik motor. Katanya ini kedua kalinya dia naik motor. Waktu pertama dia cuma naik motor 3 menit dari rumah keluarga asuh nya ke BSM. Nah yang kedua bareng aku dan diajak jalan-jalan jauh muterin kota. Seneng deh dia seneng, padahal cuma muter-muter doang.

Jadi tentang Yana, secara fisik dia seperti bule-bule kebanyakan, tinggi, kulit putih, mata nggak hitam (matanya warna abu kehijauan dan it's so beautiful), rambut agak kecoklatan. Dia berasal dari Ukraina, tepatnya dari kota Luhansk. Dia kuliah di ibukota Ukraina, di kota Kiev, tepatnya di National University of "Kyiv-Mohyla Academy" jurusan Social. (Aku lupa Social apa ya tadi dia ngomong). Dia punya satu adik perempuan yang namanya kedengaran seperti Tasha tapi aku gak tau gimana tulisan sebenarnya. Yana lahir tanggal 24 April 1993. Yana ini ikutan program AISEC makanya dia bisa sampe di Indonesia, di Bandung. Dia disini tinggal sama keluarga asuhnya di daerah deket BSM.

Dan yang aku suka adalah cerita-cerita Yana tentang Ukraina dan Rusia. Itu ada peta Ukraina jadi kalian bisa membayangkan apa yang sedang aku ceritakan :)
Ukraina itu terbagi menjadi dua wilayah, Ukraina Timur dan Ukraina Barat. Dipisahkan oleh Sungai Dnipro. Ukraina ini keliatan kecil, tapi merupakan kota terbesar kedua setelah Rusia di Eropa. Ukraina ini merupakan pecahan dari Uni Sovyet. Dan kata Yana, Ukraina Timur itu sangan Rusia, jadi Ukraina Timur cenderung berbahasa Rusia dan kayak channel TV atau apapun ikutan Rusia. Sedangkan Ukraina Barat itu benar-benar Ukraina. Ukraina dan Rusia huruf alfabetnya gak pake abc, tapi huruf-huruf aneh yang aku gak tau gimana bacanya. Overall alfabet rusia dan ukraina hampir sama, tapi ada huruf Ukraina yang gak ada di huruf Rusia. 
Ini bahasa Rusia dari "terima kasih" : спасибо (baca : spasiba). 
Ini bahasa Ukraina dari "terima kasih" : спасибі (baca : spasibi (?))
I'm not really sure about the Ukraina Languange. But the Russian's right i think.

Sedikit gambaran segede apa Ukraina itu, coba perhatikan kota Luhansk di sebelah timur, dan perhatikan kota Lviv di sebelah barat. Ujung ke ujung. Kata yana, kalo dari Luhansk ke Lviv itu 28 jam, lupa tapi pake kereta atau pake bis.

Oh iya, yang menarik lainnya, Ukraina dan Rusia itu kayanya anti banget sama Amerika. Mungkin semua negara pecahan Rusia gitu kali ya, faktor perang dunia dulu mungkin. Yana nggak begitu suka nonton film Amerika, music Amerika, dan dia sangat tidak suka film komedi Amerika atau joke-joke dari Amerika. Dia bilang joke-joke Amerika is not funny. It's stupid. See. Dia nggak suka Madonna, dan lain-lain tentang Amerika. Dan negara nya sama sekali gak tergantung sama Amerika. Hebat ya. Ukraina sangat bergantung pada Rusia, i think. Ya, blok barat dan blok timur masih ada kayanya. Dan kita, Indonesia lagi-lagi negara nonblok yang gak memihak tapi terpengaruh mana-mana. Terpengaruh Korea, Jepang, dan terpengaruh banyak sama Amerika ternyata. Dan aku rasa Ukraina gak make merek-merek Amerika mungkin. Merek laptonya dia aja Samsung, hp Siemens, kamera Sony.

Dia juga cerita kalo dia jarang make Facebook, tapi dia punya jejaring sosial lain : www.vk.com. Aku kurang tau apa ini buatan Ukraina atau mana, tapi dia bilang ini lebih menarik daripada Facebook. Dia lebih sering update di situ, dan everything about her, you can find on her homepage.

Sejujurnya Yana ini temen bule pertamaku. Yang bisa aku ajak ngomong kayak temen yang lain, dan diajak jalan-jalan pake motor. Nice to meet you, Yana! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar