Kamis, 21 Juni 2012

Dual Flush Button

Add caption
Kalian pasti tau kan closet duduk? Nah jaman dulu kan kebanyakan flush buat closet duduk yang berbentuk tungkai (?) yang di gerakkan ke atas atau ke samping. Nah, sekarang ini udah banyak banget closet yang make dual flush button. Jadi ada 2 tombol, yang 1 lebih kecil dan yang satu lebuh besar dalam satu tempat. Kira-kira gambarnya kaya gitu.


Haha kalian tau gak fungsinya buat apa? Dulu aku juga ga tau, padahal dimana-mana flush nya udah model gitu. Bahkan di rumah pun aku pake closet yang dual flush button gitu. Terus kalo abis make closet ya aku teken aja kedua tombol tersebut secara bersamaan. Iya, KEDUANYA. hahahhaha


Disuatu hari nan indah, aku tidak mendapat firasat apapun hari itu. Dan aku lupa bagaimana detailnya karena udah lumayan lama. Aku baca artikel di majalah (atau koran? lupa), tentang toilet, dan ternyata itu fungsinya beda-beda. Seharusnya kita mencet yang kecil kalo abis buang air kecil, trus mencet yang gede kalo abis pupup. Sedikit tidak percaya dengan kebenaran yang aku dapat dari majalah (atau koran? lupa lagi) ini, aku pun mencoba mengkarifikasi hal ini ke papaku.

Vina : Pa, jadi ternyata itu pencetan di wc yang kecil untuk pipis yang besar untuk pup ya? (dengan nada tak percaya dan innocent)
Papa : Iya nak, kamu baru tau? Jadi selama ini kamu gimana? (Shock, mungkin mengira aku selama ini nyiram  pake gayung)
Vina : Aku pencet aja dua-duanya (polos, innocent, atau bloon)
Papa : Huahahahaha kok katrok gitu kamu nak, padahal kita udah pake closet yang gitu.
Vina : Hahahaha aku kira sama-sama aja (cengar cengir)

Aku masih tak percaya dengan kebenaran yang baru aku ketahui ini. Betapa katrok nya.. T.T

Jadi ternyata flush yang besar itu akan mengeluarkan 1,8 gallon air saat di pencet untuk kotoran yang solid (baca : pupup alias eek). Sedangkan yang kecil akan mengeluarkan 0,8 gallon air saat di pencet untuk kotoran yang liquid (contohnya pipis). Gak ngerti sih satuan gallon disini sebanyak apa..

Tapi tetep sih, kalo sekarang mau pup atau pipis juga tetep suka mencet 2-2nya sekaligus. Hihihi
Setidaknya aku udah tau lah kenapa itu toilet dibikin pencetannya ada 2. Ya buat menghemat air..
Jangan bilang kalian baru tau juga? Atau cuma aku orang udik di dunia ini? hahaha






1 komentar: