Jumat, 25 November 2011

Some piece of me


Sebelumnya saya akan menceritakan tentang diriku, it’s some part of me. Saya adalah anak pertama, lahir tahun 1992, saya biasa dipanggil mbak dirumah. Punya adik dua, yang satu cewek, namanya Riri, lahir tahun 1997. Yang satu cowok, namanya Yusuf (Yo), lahir tahun 1999. Papa dan mama saya dua-duanya bekerja. Dari jam 8 sampe jam 4. Dua-duanya. Papa saya karyawan perusahaan swasta, sedangkan mama saya pegawai negeri. Dari sebelum saya lahir, dari sebelum ketemu papa saya, mama saya emang udah kerja. Tapi dulu mama kerjanya di rumah sakit, sekarang di dinas kesehatan. Statusnya masih sama dari dulu sampe sekarang juga, perawat. Mama saya adalah seorang perawat (nurse). Papa saya juga sebelum ketemu mama saya masih bekerja di tempat yang sama. Dari dulu sampe sekarang. 

Punya ibu yang bekerja itu ada hal yang menyenangkan dan ada hal yang tidak menyenangkan. Saya bangga dengan ibu saya yang bekerja, ibu saya itu smart dan aktif. Punya banyak teman dan banyak kenalan, banyak dikenal juga di kalangan kerja dan di komplek rumah. Bahkan papa saya kalah tenar. Saya bangga ibu saya bekerja, ibu saya pintar. Saya merasa ibu saya tidak kolot, berpikiran luas dan terbuka. Tetapi disisi lain saya sering iri dengan teman-teman saya yang setiap pulang ke rumah, ibunya ada di rumah. Ibunya banyak kenal teman anaknya. Ibunya suka bikinin makanan buat temen anaknya yang dateng ke rumah. Sedangkan saya pulang ke rumah adanya “kakak”. Yang kenal sama temen-temen saya ya si “kakak”. “Kakak” yang di rumah udah gonti-ganti dari dulu sampe sekarang. “Kakak” juga mau sih bikinin makanan buat temen yang dateng, tapi kalo di suruh.

Papa saya juga pintar. Sangat pintar. Waktu sma, pelajaran yang nggak bisa, tinggal nanya ke papa. Papa saya jago. Pengetahuan umumnya luas. Apalagi pengetahuan IPA. Fisika, matematika, papa saya pinter. Nggak perlu guru les juga, papa saya bisa ngajarin saya sebenernya. Renang, tenis, badminton, papa saya juga bisa. Papa saya itu sangat mengerti anak-anaknya. Kalo lagi sedih, kepala saya di usap-usap. Kalo adik saya nyanyi-nyanyi sambil pup, papa saya bilang “Itu adeknya lagi seneng”. Saya diberi kebebasan. Yang bertanggung jawab. Pernah satu kali saya melakukan kesalahan, mempergunakan kebebasan, tapi tak bertanggung jawab. Dan saya merasa itu adalah kesalahan terbesar saya ke papa saya. Saya nggak pernah bohong sekecil apapun dan selalu jujur dan selalu bilang tentang apapun sejak hal itu. Bukan, kesalahan saya dulu bukan tentang kebohongan, tetapi lebih kepada ketidakjujuran. Jadi saat itu saya nggak bilang, nggak ngomong. Dan papa khawatir sekali, kejadian waktu itu menakutkan. Saya tidak ingin mengingatnya tapi selalu teringat.

Sebenarnya saya lagi homesick, jadinya begini. 

Sekarang saya udah jauh, nggak serumah lagi sama mama papa dan adik-adik. Komunikasi tak semudah itu. Walaupun ada handphone sekarang ini, tapi tetep aja nggak leluasa dan nggak bisa kondisional. Kalo ngomong langsung kan saya bisa ngira-ngira timing yang tepat, nah ini saya nggak tau. Banyak juga info yang saya gak tau. Yang mungkin lupa nggak dikasih tau, atau mungkin dirasa sepele untuk dikasih tau. Terkadang sedih, kayak bukan siapa-siapa dan nggak tau apa-apa lagi. Saya tuh pengen dikasih tau, sekedar baru ganti tv, adik baru les ini, atau sekedar gosip tetangga atau gosip tentang temen-temen yang beredar. Sekarang tuh rasanya jauh banget. Senangnya kalian yang saat ini masih berada di rumah. Kalo diitung-itung cuma sampai umur 18 tahun saya bisa ngumpul bareng keluarga. Setelah kuliah ini cuma bisa liburan di rumah. Nggak merasa lagi rumah adalah rumah. Sekarang rumah adalah tempat liburan.
Dan saya juga sebel kenapa Riri milih sekolah asrama yang jauh banget dari rumah. Lebih dari 8 jam perjalanan darat. Saya nggak bisa ketemu dia. Saya libur dia nggak libur dan sebaliknya. Saya juga sedih sama keadaan dia, dia cuma sampe umur 14 tahun bisa ngumpul bareng keluarga. Nanti kalo udah kuliah pasti jauh juga dari rumah. Kasian juga Yusuf. Dia juga nggak bisa ngumpul lagi sama mbak-mbaknya. 

Hal positif sekaligus menyedihkan dari jauh adalah, saya makin sayang, atau baru menyadari kalau saya sesayang ini sama mereka semua. (cryingallthisnight)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar