Minggu, 24 Februari 2013

Tinta Ajaib!

Semenjak tahun 2010, saya resmi jadi warga Jawa Barat, dengak KTP Jabar sebagai buktinya. Dan baru di tahun 2013 ini pertama kalinya ikutan pemilu-pemilu. Kali ini adalah Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau biar gampang disingkat pilgub jabar ya. Ga tau kenapa, pilgub jabar ini heboh nya nasional, sampe banyak debat calon gubernur di tv, iklan-iklan kampanye di tv. Jadi ada 5 kandidat di pilgub jabar ini :

1. Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep NS Toyib
2. Irianto MS Syaffiudin-Tatang Farhanul Hakim
3. Dede Yusuf-Lex Laksamana 
4. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar 
5. Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki

Menurut pandangan orang awam kayak saya, yang pamornya lumayan dikenal itu no. 3, 4, dan 5. Yang no. 3 sih jelas, ada Dede Yusuf, dia kan wakil gubernur jabar yang sekarang, dulunya juga artis, tapi kalo wakilnya saya nggak tau itu siapa. Dan ngga terlalu ingin mencari tau. Trus no. 4, Aher nya kan gubernur sekarang, nah Deddy Mizwar juga artis, siapa yang nggak kenal gitu. Menurut saya, berdasarkan mata orang awam saya, no. 4 ini memang paling populer ya gara-gara itu, kalo soal latar belakang partai sih saya nggak tau. Sedangkan no. 5 juga artis, Rieke Diah Pitaloka, wakilnya saya nggak kenal sama sekali, dan nggak mencari tau juga. Kalo no. 2 sih Irianto MS Syaffudin itu kan kang Yance, dulunya bupati Indramayu 2 periode, tapi nggak terlalu heboh kayak yang no.3, 4, 5. Nah yang no. 1 beneran deh saya nggak tau mereka siapa. 

Terus waktu kampanye, di wilayah Bandung sendiri emang yang paling rame itu yang no. 4. Kampanye di Lapangan Gasibu sampe rame banget banyak banget bis, angkot dari mana-mana, bikin macet. Waktu saya KKN di Cianjur juga, meratiin banyak banget atribut kampanye kandidat no. 4. Jadi mungkin publikasinya lebih bagus dari yang lain kali ya, selain mereka juga emang udah dikenal.

Berdasarkan pengamatan saya, ada 5 tipe orang dalam pemilu :
  1. Orang yang memilih dengan alasan kuat mengapa mereka memilih kandidat yang mereka pilih.
  2. Orang yang sekedar menggunakan hak pilihnya dan tidak golput, tetapi tidak memiliki alasan yang kuat mengapa mereka memilih kandidat yang mereka pilih.
  3. Orang yang tidak memilih, alias golput, tetapi tetap datang ke TPS, dan golput terhadap kertas suaranya.
  4. Orang yang golput, nggak datang ke TPS, sebagai bentuk kekecewaan pada kandidat yang menurut mereka tidak ada yang baik.
  5. Orang yang apatis, beneran golput, nggak datang ke TPS, nggak peduli sama siapa dan apa yang terjadi.

Saya adalah orang tipe no. 2. Jadi jangan tanya saya milih apa dan alasan saya memilih kandidat tersebut ya. Hehehe

Oiya, kan saya abis nyoblos ya tadi pagi, seperti biasa kan celupin jari ke tinta. Ga tau cuma di TPS saya aja atau gimana, tapi si petugas celup tinya-nya nyuruh celup jempol kiri, nggak boleh kelingking. Padahal biasanya kelingking yak.  Jadilah jempol kiri saya dicelup ke tinta biru yang biasa dipake untuk tinta stempel.

Awalnya saya ngira itu tinta biru biasa yang buat stempel, taunya tinta ajaib! Awalnya warnanya biru biasa di jempol saya, saya peratiin, makin lama makin kering warnanya jadi keemasan gitu, trus berubah lagi jadi gelap, item, trus balik lagi jadi keemasan. Entah karena kena air atau gimana, jadinya berubah lagi jadi warna biru biasa. Ajaib ya. Apakah tinta di jari kalian juga gitu?

Saya sih nggak ngerti politik, nggak begitu ngerti siapa yang harus dipilih, alasan memilih kandidat tersebut, tapi saya mendoakan siapapun yang terpilih bisa membawa jabar menjadi lebih baik lagi. Tsaahh.. Diplomatis sekali! HAHAHAHA

Ini foto saya abis nyoblos, 7 dari 8 orang menyatakan bahwa foto saya ini alay, saya tak peduli, yang penting saya sudah nyoblos! Mungkin setelah ini akan bertambah orang yang bilang foto saya ini alay. Tapi biarlah~ HAHAHAHA


2 komentar:

  1. Kalo di perhatiin, beberapa postingan selalu aja ada observasi-nya. Atau minimal opini lah, yang berhubungan sama postingan yang ditulis. Keren :)

    Dan berdasarkan pengamatan tipe pemilih dalam pemilu di postingan kali ini, aku tipe nomer 5 :)) heheheu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaa~ Rahmaaan aku jadi maluu *pukulmanja

      Rahman juga kereen. Blog walking ke rahman aah~ Ahahahaha

      Hapus