Kamis, 07 Februari 2013

Hoyong eueut!


Di kkn ini aku belajar banyak. Tinggal bareng selama sebulan bareng 20 orang lain itu bikin kita tau luar dalam orang itu kayak gimana. Dan saya menyadari setiap orang pasti punya sisi menyenangkan dan sisi menyebalkan. Setiap orang juga pasti punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Setiap orang juga punya kadar sabar dan toleransi yang berbeda. Dan pasti di antara temen kkn ada beberapa yang sangat klop untuk kita, dan ada yang sangat dihindari dan mencoba untuk tidak terlalu dekat. Ada juga yang dulunya klop, tetapi di kkn, karena kita tahu dia luar dalam, dan gak bisa menghindar untuk nggak ketemu, akhirnya jadi ada perang dingin dan gak enakan. Semuanya itu sangat kkn-iawi. Saya juga disini belajar untuk lebih menghargai dan mengerti, juga toleransi akan sifat-sifat orang-orang di kkn yang beragam.

Disini jadi ketauan yang males, yang berantakan, yang egois, yang tidurnya ngorok, ngelindur, yang sangat tukang tidur, yang galak, yang suaranya ga bisa pelan, yang kalo ngomong selalu teriak, dan saya termasuk yang sering kehilangan barang karena naronya sembarangan. Lucu-lucu sih. Menyenangkan. Banyak cerita. Dan sayang sama semuanya. Semuanya itu saling melengkapi. Yang lucu ada, yang kayak anak kecil ada, yang keibuan ada, yang galak ada, nano-nano deh.

sunrise di desa Mulyasari, kec. Mande, kab. Cianjur

Disini kemampuan bahasa sunda saya juga meningkat. Soalnya di desa orang-orang pada pake bahasa sunda mulai dari balita baru bisa ngomong sampe nenek-nenek. Mereka ngerti kalo kita ngomong pake bahasa Indonesia. Tapi mereka suka me-reply omongan kita pake bahasa sunda. Jadilah kemampuan bahasa sunda saya meningkat. Hoyong eueut! hahaha


Hoyong eueut artinya pengen minum. Saya tau kata ini dari anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang sering banget ngomong "hoyong eueut" tapi dia g pernah bawa minum sendiri. Akhirnya kita menamai si anak tak bersalah tersebut si 'hoyong eueut'. 

In the middle of beautiful ricefield :)


Tapi kesimpulan saya adalah :
1. It's exist in this world, the person who cannot receives and takes suggestions, critics, and comments from others.

2. It's exist in this world, orang yang sangat kontra, anti, ga mau banget terhadap sesuatu, tapi diakhir dia berubah pikiran gara-gara terpengaruh lingkungan.

3. It's happen, waktu kita pengen sendiri,, tapi kita ga punya waktu sendiri karena serumah terus. Selama ini aku merasa aku g suka sendirian. Dan disini aku sangat butuh me-time.

4. I'm the type of person who like avoiding conflict. Avoid, not finish it.

5. I'm the type of person who don't like arguing. I hate it. Beradu pendapat itu bikin kerasnya seseorang keliatan, dan aku suka sakit hati. Lebih baik diam dan tidak berpendapat. Atau ngomongin pemikiran atau pendapat secara personal saja, tidak di forum. Mungkin alasan aku tidak bisa, tidak mau dan tidak suka ngomong di depan umum (forum) adalah karena aku takut di serang dengan pendapat-pendapat yang kontra
dari pendapatku dan aku gak siap kalo keras-kerasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar