Selasa, 24 Juli 2012

Puasa

Alhamdulillah udah 4 hari puasa dan insya Allah hari ini sedang menjalani puasa hari ke-5. Semoga puasa kita sempurna ya, beneran puasa, jadi ga cuma dapet nahan lapar sama hausnya doang.. O:-)

Banyak denger dari temen-temen, "Puasa sebulan full ga ada bolong mah biasa, taraweh full sebulan baru luar biasa". Bener juga sih, soalnya sering pada males taraweh juga kadang-kadang ya, menurut saya beberapa alasan kita atau lebih tepatnya aku males taraweh yaitu :


1. Buka puasa kekenyangan
Iya, karena puasa seharian, pas bukanya balas dendam pengen makan semuanya, akibatnya kekenyangan sampe perut mau meledak. Susah jalan, mau solat susah, mau ketawa aja perut sakit banget. Ckckck 

2. Pengen main
Bulan puasa gini kita biasanya pada liburan, banyak temen yang ngajak ngumpul dan buka puasa bareng. Biasanya kalo gini pasti ga araweh, ujung-ujungnya maen.

3. Banyak tugas
Buat yang baru masuk kuliah, pasti banyak tugas ospek yang ribet, jadilah alasan nggak taraweh.

4. Rakaat solat
Ada yang 11 rakaat ada yang 23, biasanya kalo masjid deket rumahnya 23 rakaat bisa males juga.

5.Ngantuk
Mungkin ini berhubungan sama faktor kekenyangan.

6. Males
Males mah males aja, ini nggak ada obatnya.

Jadi inget, selama kuliah ini tarawehnya suka nggak bener. Tahun 2010 kemaren, puasa nggak dirumah, dan lagi ospek, jadi alesanlah tugas ospek itu, padahal perasaan ospek cuma seminggu, tapi nggak taraweh sebulan. Nggak sebulan juga sih, sehari nyoba taraweh, tapi ternyata di masjid yang di datengin itu 23 rakaat, pas rakaat ke 8 aku pulang. Besoknya ga taraweh-taraweh lagi, parah banget ya. Taraweh ga full, puasaku juga ga full, beneran deh. Bukannya gara-gara mens atau apa, lagi-lagi alasannya ospek. Dulu ospek di universitas katolik swasta, makan siang dikasih makan, hari pertama McD, hari kedua Gudeg Yu Nap, hari ketiga apa ya , lupa, snack juga dikasih. Sebenernya temen-temen ospek aku ada yang puasa juga dan tetep puasa, tapi emang akunya aja yang agak melenceng sedikit ga mau puasa alasan ospek. Jangan ditiru ya teman-teman.. 

Tahun 2011 kemaren, aku puasa full di rumah, tapi tetep aja nggak taraweh, kali ini alesannya males. Bisa diitung pake jari deh berapa kali taraweh.

Nah tahun 2012 ini kan ceritanya ingin menjadi lebih baik lah, alhamdulillah selama ini tarawehnya masih full :)

Terkadang waktu taraweh entah kenapa salah fokus deh. Bukannya fokus bener-bener dengerin bacaan Imamnya, malah terpengaruh suara-suara lain di sekitar. Kemaren entah kenapa waktu solat tiba-tiba ada bapak-bapak yang sendawa dengan keras dan panjang, bikin mau ketawa, astaghfirullah.. Terus ada lagi pas lagi hening-heningnya solat tiba-tiba ada anak kecil yang teriak "AAAAAaaaaaaaaa..!!!" berulang-ulang. Kita semua tau kan kalo anak kecil itu mempunyai frekuensi suara yang tinggi. Dan anak tersebut berteriak sekuat tenaga dengan frekuensi yang tinggi gitu berulang-ulang. Bikin mau ketawa aja, astaghfirullah..

Terkadang juga heran sama bapak-bapak yang masih aja merokok di masjid. Ini masjid pak.. Baru liat deh ada bapak-bapak yang merokok di masjid disini. Saya prihatin.. #alaSBY

Semangat puasanya guys! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar