Senin, 24 Oktober 2011

SOL Part 1

SOL (School Of Leadership) adalah sebuah acara yang dibikin oleh anak-anak ISEG angkatan 08. Angkatan atas, angkatan dewasa (baca : tua). Ini sih acara ya semacam leadership gitu deh. You know what I mean lah, something like that(?).
Nah, SOL ini diadakan selama 2 hari, sabtu minggu tanggal 15-16 Oktober 2011 kemaren di Nurul Fikri Lembang. Ternyata eh ternyata nggak cuma 2 hari, 3 hari ternyata. Nyambung lagi ntar tanggal 13 November 2011, dan blog ini adalah salah satu ‘beban’ dari acara SOL tersebut. Yang segi positifnya adalah, mengaktifkan lagi kegiatan nge-blog saya yang sudah lama sedang dalam masa dormansi.
Jumat, 14 Oktober 2011
Sorenya kita technical meeting alias rapat teknik (?) di lorong kerjasama, membicarakan apa yag harus di lakukan dan apa yang harus di bawa. Dan malemnya, saya beberes. Saya bawa jaket lumayan tebal, celana training, kaos ganti, kaos kaki, sarung tangan, mukena, obat-obatan. Pas malemnya saya nggak bisa tidur, nggak tau kenapa, apa gara-gara sangat senang mau tamasya besok? Saya jadi merasa seperti anak SD yang akan berangkat darmawisata dengan teman sekelas, sangat excited, dan malemnya jadi nggak bisa tidur.
Sabtu 15 Oktober 2011
Sabtu-sabtu gini saya tetep kuliah, siang lagi, jam 12. Tapi jam 9 saya udah berangkat dari rumah, kemana? Bukan ke kampus tapi ke kosan iwa. Nggak kerasa ngaso ngaso di kosan iwa udah jam 12. Saya merasa tas saya cukup berat, akhirnya saya meninggalkan tas beserta isinya dikosan iwa dan pergi membawa binder saja. Saya merasa sebagai anak-kuliah-macam-apa-jalan-melenggang-cuma-bawa-binder. Sorenya ngumpul di pendopo, sebelum ke pendopo saya beli koyo dulu di warung. Katanya kalo di tempelin di puser bisa mencegah masuk angin, kan lembang dingin. Lalu setelah ngumpul semuanya, kita berangkat menggunakan angkot hijau langganan kalo pergi-pergi acara iseg. Kalapa-dago. Di jalan saya agak mabok, apa karena udah nggak pernah naik angkot ya, biasa naik motor, atau karena saya udik, jarang naik mobil. Entahlah.
Setelah kurang lebih 45 menit, Alhamdulillah nyampe juga, terus kita nunggu  maghrib, foto-foto deh, biasa alay. Pas maghrib kita sholat di mesjid situ. Canggih! Ada cctv nya diatas! Bisa liat imam nya! oke, norak lagi ya. Maaf.
Selesai sholat kita jalan, turun kebawah menuruni ribuan anak tangga yang gelap gulita dan curam hanya dengan bantuan cahaya bulan. Ehm, nggak segitunya juga deng, ada cahaya senter dan cahaya hp juga. Akhirnya nyampe di tenda. Saya ulangi lagi, tenda. Tenda. TENDA. Kita tidur di tenda? Iya ternyata. Tenda beralaskan terpal. Sedih awalnya. Tapi begitu tau kalo para ikhwan tidur di saung yang berdindingkan malam, alias tanpa dinding, kita para akhwat jadi bersyukur. Memang ya, kita perlu melihat kebawah agar bisa selalu bersyukur.
Malam kian larut, perut lapar, tetapi apa daya, nggak bawa makan malem alias nasi. Jadinya icip-icip dikit nasi temen yang bawa. Terus ada kang Asrul yang ngelawak, dan ada teh Heni yang ngasih tau batasan-batasan interaksi antara ikhwan dan akhwat. Selanjutnya ada kang Chandra yang cerita banyak tentang leadership. Selesai kang Chandra, acara selanjutnya adalah tidur, malam makin dingin, pas malem kebangun, dinginnya ekstrim. Nggak nyangka bakal sedingin ini, tau gini bawa jaket yang lebih tebal. Saya sampe nggak bisa tidur, kebangun terus karena dingin banget. Dan SOL hari pertama pun berakhir.

2 komentar:

  1. asik nih. blog pertama reportase feedback sol.
    seru bgt ngbacanya.like this!

    ahaha.. "excited ky anak sd,gak bisa tidur"
    wah2 ampe sgitunya.tapi rame kan y?
    smoga banyak hikmah n plajrn yg bisa diambil.

    semangat vina^^d

    BalasHapus